skip to main | skip to sidebar

Firmandut

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • ARSIP
  • PANTUN
  • TUGAS
  • ACAK

Senin, 25 Maret 2013

tugas softskill Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Diposting oleh Unknown di 04.57


Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Sebelum kita mengetahui kesinambungan antara Organisasi dan Metode, mari lebih dulu kita jelaskan secara terpisah antara keduanya, berikut awal penjelasannya.
Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. atau dapat disebut sebagai bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang. Lalu bagaimana kah sebuah organisasi bisa dikatakan baik? ,Organisasi yang baik adalah organisasi yang terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang, organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inovasi dalam membuat perencanaan, organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan.  Sekarang ini banyak organisasi yang gagal berjalan dikarenakan kurangnya komunikasi dan musyawarah antara sesama anggota. KERJASAMA merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah organisasi. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah organisasi bisa berjalan dengan lancar dan baik, di samping itu juga perlu adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang baik, sebuah organisasi tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak terpenuhi maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik dan terstruktur.

Tata Kerja/Metode
Tata Kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat pula/efisien. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis. Beberapa fungsi Tata Kerja adalah sebagai berikut :
- Menghindari terjadinya pemborosan waktu yang tersedia
- Menghindari hambatan dalam proses pencapaian tujuan
- Menjamin adanya pembagian waktu kerja dan koordinasi yang tepat.
Tata kerja atau metode sangat penting artinya bagi sebuah organisasi manapun. Koordinasi organisasi akan berjalan dengan baik bila tata kerjanya sudah diatur secara sistematis dan proporsional (tepat takaran). Hal ini mutlak diperlukan agar seluruh kendali dan kerja organisasi tidak sepenuhnya dilimpahkan kepada ketua. Tata kerja bersifat temporer, sewaktu- waktu bisa berubah/ diubah sesuai dengan situasi dan kondisi organisasi itu sendiri. Jika tata kerja sudah dibuat sedemikian rupa maka akan mudah membuat bagan organisasi yang sesuai dengan garis komando yang telah ditentukan.
Garis komando adalah di mana suatu jabatan membawahi jabatan lain, sedangkan garis konsultasi adalah keterkaitan suatu jabatan dengan yang lain. Karena tata kerja sifatnya temporer maka bagan organisasinya pun bersifat temporer.

Tata kerja atau metode juga tidak luput dari sebuah perencanaan atau biasa disebut manajamen. Manajemen itu sendiri dapat di artikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Para ahli ekonomi umumnya mempunyai pengertian yang berbeda tentang manajemen, berikut juga pengertiannya
Dengan demikian sebenarnya manajemen itu hampir selalu ada pada setiap kegiatan manusia sebab manusia akan selalu berusaha berkumpul dan bekerja sama. Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadiakan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen dapat dilakukan di perusahaan manapun.
Jadi setelah kita jelaskan satu persatu tentang bahasan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara Organisasi, Metode, dan Manajemen, bisa kita ibaratkan sebagai sebuah kapal.
Organisasi sebagai wadah/alat dapat kita sebut sebagai kapal itu sendiri, lalu Metode sebagai prosedur jalannya kapal, sedangkan Manajemen sebagai pengelola bagaimana kapal bisa berjalan dengan semestinya.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik, organisasi, metode, maupun manajemen, ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
http://studentsitegunadarmaacid-agunners.blogspot.com/2012/09/softskill-arti-pentingnya-organisasi.html?zx=372a3f712cef6b5e
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Blog Archive

  • ►  2015 (7)
    • ►  Mei (3)
    • ►  Februari (4)
  • ►  2014 (9)
    • ►  November (4)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  Januari (2)
  • ▼  2013 (40)
    • ►  November (3)
    • ►  Juni (14)
    • ►  Mei (9)
    • ►  April (1)
    • ▼  Maret (10)
      • fungsi software
      • Jenis-jenis Nilai data
      • Bahasa Basic
      • Definisi Komputer
      • 6 makanan penting untuk warna kulit lebih cerah
      • tugas softskill Pengertian Organisasi
      • tugas softskill Teori organisasi formal dan non fo...
      • tugas softskill disain organisasi formal dan informal
      • tugas softskill Arti Pentingnya Organisasi dan Me...
      • tugas softskill sejarah organisasi
    • ►  Januari (3)
  • ►  2012 (13)
    • ►  November (5)
    • ►  Oktober (8)

Followers

  • Kepo

WAJIB KEPO

Unknown
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com